Sabtu, 18 Juli 2015

SELIP KOPLING YAMAHA V-IXION

V-IXION LIGHTNING


Baru-baru ini banyak sekali pertanyaan dari para pengendara yang menggunakan yamaha v-ixion lightning yang mengeluhkan bahwa kendara mereka pada saat di bawa naik gunung merasakan tuas kopling yang mulai berat atau alot dan lama-lama jarak bebas tuas kopling mulai menjauh, alhasil motor,pun jdi terasa berat buat naik.Tak bertenaga,Tak lincah lagi.

Naaahhh kali ini saya akan menjelaskan kenapa hal itu dapat terjadi pada motor mz,bro sekalian...!!!

Perlu Mz,bro ketahui bahwa tumpakan motor mz,bro sekalian. Tidak sama Loehhh...!
Dengan motor yamaha V-ixion generasi pertama. Jelas jauh berbeda Mz,bro....

Pada Motor yamaha V-ixion dengan nomor mesin 3C1 berbeda dengan V-ixion 1PA, walaupun diliat sekilas hampir sama bentuk enjing namun ada sedikit perubahan kontruksi terutama pada pemindah tenaganya.

                                                             V-ixion lama dengan no mesin 3C1
Keterangan:
kampas kopling V-ixion lama diameter,nya lebih besar dibandingkan kampas kopling V-ixion baru yang punya diameter lebih kecil sama seperti yamaha jupiter MX 135cc dengan kode mesin 5OC.

Berikut contoh kampas kopling yang BRUM.

PENYEBAB MASALAH
Karena memiliki diameter dan kontruksi yang berbeda maka berbeda pula standar gerak bebas kabel kopling. Dan hal ini banyak tekhnisi yang mengabaikan bahkan menyepelekan hal tersebut alhasil kampas kopling sering BRUM (terbakar/gosong).
Ga sedikit mekanik yang menyetel jarak bebas kabel kopling lebih pendek dari standar,nya supaya tarikan motor terasa lebih liar, lebih galak, dan lebih bertenaga. Tapi mengabaikan faktor ke awetan kampas kopling.

padahal sih menurut saya sama saja, cuma galak di awal tpi ya tenaga tetap sama.    ha...ha...ha...!!

Dan berikut Standar penyetelan jarak maen handel.


Semoga Dapat Bermanfaat buat Mz,Bro sekalian…..

Salam kenal  Jiilaan Motor...!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar